PENTINGNYA PEMAHAMAN JATI DIRI KEILMUAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS

Nuansa Bayu Segara

Abstract


Abstrak
Latar belakang keilmuan guru IPS berbeda-beda walaupun masih dalam satu rumpun disiplin
ilmu. Perbedaan itu menyebabkan kurangnya pengetahuan dan pemahaman hakikat pendidikan IPS yang sesungguhnya. Guru yang memahami jati diri keilmuan IPS diharapkan menjadikan hal itu sebagai panduan dalam melakukan proses pembelajaran. Melalui hal itu pada akhirnya guru IPS akan mampu meningkatkan pembelajaran IPS di kelas. Peran guru sebagai pendidik, motivator, pengelola kelas, partisipan, dan evaluator perlu dioptimalkan. IPS sebagai disiplin ilmu, memiliki etimologi, definisi, pendekatan dan tujuan yang berbeda dengan ilmu lainnnya. Aplikasi hakikat IPS dalam praksis pendidikan perlu ditingkatkan agar sesuai dengan tujuan dan fungsi pendidikan formal, sesungguhnya IPS merupakan mata pelajaran yang sangat strategis untuk mengembangkan kompetensi-kompetensi yang sesuai dan dibutuhkan di abad ini.

Kata kunci: Pendidikan IPS, Hakikat IPS, Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.