PENGARUH PENERAPAN PENILAIAN OTENTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN AKUNTANSI SISWA (Studi Eksperimen Kuasi pada Kelas X Perbankkan di SMK Negeri 2 Cirebon)

Ratna Tiharita, Frelly Noviana

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran yang menerapkan penilaian otentik (authentic assesment) untuk meningkatkan keterampilan akuntansi siswa. Penelitian di laksanakan di SMK Negeri 2 Cirebon pada bulan Mei 2015. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X Jurusan Perbankkan di SMK Negeri 2 Cirebon, yaitu kelas X Perbankkan 1 dan kelas X Perbankkan 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi. Pengumpulan data dengan menggunakan tes yang berupa soal pre-test dan post-test, serta menerapkan penilaian otentik (authentic assesment) pada kelas eksperimen. Data penelitian yang di dapat kemudian dianalisis dengan menggunakan program komputer SPSS Versi 21.0. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penilaian otentik (authentic assesment) telah dilaksanakan dengan baik pada kelas eksperimen.

Kata Kunci: Penilaian Otentik (Authentic Assesment), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Keterampilan Akuntansi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.