PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (Studi Terhadap Mahasiswa Tingkat I-E Pendidikan Ekonomi FKIP Unswagati Pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Makro Materi Sistem Ekonomi)

Yopi Nisa Febianti

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah penerapan cooperative learning teknik think-pair-share mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada materi sistem ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan siklus. Pengumpulan data dilaksanakan melalui tes subjektif dan lembar observasi. Sumber data adalah mahasiswa tingkat I.E Pendidikan Ekonomi FKIP UNSWAGATI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cooperative learning teknik think-pair-share dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan prestasi belajar yang memuaskan. Pada siklus 1, rata-rata prestasi belajar mahasiswa adalah 66,04. Sedangkan pada siklus 2, rata-rata prestasi belajar mahasiswa adalah 88,46. Selain itu, berdasarkan hasil normalisasi gain terhadap prestasi belajar mahasiswa menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar mahasiswa dengan nilai rata-rata NG = 0,6. Simpulan dari penelitian ini adalah cooperative learning teknik think-pair-share mampu membantu mahasiswa dalam memahami konsep sistem ekonomi, juga mampu mengefektifkan aktivitas mahasiswa baik secara individu maupun kolompok, dan aktivitas dosen dalam pembelajaran. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi para dosen di lingkungan FKIP UNSWAGATI untuk mencoba menerapkan cooperative learning teknik think-pair-share pada pembelajaran mata kuliah yang diampunya.
Kata Kunci: Cooperative Learning, Teknik Think-Pair-Share, dan Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.