UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL MIND MAPPING (PTK Pada Siswa Kelas IX B SMPN 3 Kota Cirebon)

H. Abdul Rojak

Abstract


Abstrak

Model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping dapat mewujudkan perubahan, dari pendekatan pembelajaran berorientasi pada guru (teacher centered approach) menuju pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada siswa (student centered approach). Selama ini metode ceramah dirasakan oleh siswa membosankan/menjenuhkan, tidak menarik dan membuat siswa tidak termotivasi untuk belajar yang berakibat rendahnya hasil belajar. Diharapkan masalah tersebut dapat teratasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Mind Mapping, pada kompetensi dasar Berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi. Peneliti beranggapan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping dapat mengarahkan siswa dalam menyimpan materi pelajaran IPS ke dalam memori otaknya menjadi lebih terarah dan tersusun dengan baik sehingga akan mempermudah dalam mengingat kembali materi tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan penerapan dua siklus. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 76 pada siklus pertama, prosentase siswa yang mencapai KKM sejumlah 64%. Demikian pula pada siklus kedua, prosentase siswa yang mencapai KKM sejumlah 76%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IX B SMP Negeri 3 Kota Cirebon melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Mind Mapping

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.