PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMK DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING HEURISTIC BERPRINSIP PENGELOLAAN LABORATORIUM TEENZANIA

Fitrianto Eko Subekti

Abstract


Abstrak

Belajar matematika khususnya materi program linier dirasa masih sulit bagi siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah : menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif pada ujicoba dengan model problem solving heuristic berprinsip pengelolaan laboratorium teenzania. Penelitian menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan (1974). Dalam penelitian ini hanya sampai tahap develop. Subjek penelitian adalah siswa SMK Dinamika Tegal kelas X O2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X O1 sebagai kelas kontrol. Uji validitas dan uji kepraktisan diolah dengan analisis uji proporsi, sedang uji keefektifan diolah dengan uji t, uji z, regresi linier ganda, dan uji banding.
Hasil penelitian menunjukan: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator; (2) perangkat yang dikembangkan praktis. (3) Hasil uji t dan z menunjukkan ketuntasan belajar tercapai. Motivasi belajar dan keterampilan proses berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 83,4 %. Rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini berarti perangkat yang dikembangkan efektif. Berdasarkan penjelasan di atas, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi valid perangkat, praktis penggunaan dan efektif pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Problem Solving Heuristic, Laboratorium Teenzania.

Full Text:

PDF


Ketua Editor
Muchamad Subali Noto, S.Si., M.Pd

Editor
Wahyu Hartono, M.Si
Mohammad Dadan Sundawan, M.Pd

Reviewer
Prof.Dr.Hj. Mintarsih Danumihardja, M.Pd.
(Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon)
Prof.YL Sukestiyarni, M.Sc., Ph.D.
(Universitas Negeri Semarang)
Prof.Dr.H. Yaya Kusumah, M.Sc., Ph.D
(Universitas Pendidikan Indonesia)
Dr. H. Ena Suhena Praja, M.Pd
(Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon)
Samsul Ma'arif, M.Pd
(Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka)
Krisna Satrio Perbowo, M.Pd
(Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka)
Yulyanti Harisman, S.Si., M.Pd
(STKIP PGRI Sumatera Barat)
Bagus Ardi Saputo, M.Pd
(Universitas PGRI Semarang)
Asep Amam, M.Pd
(Universitas Galuh Ciamis)
Jero Budi Darmawangsa, M.P
(Universias Borneo Tarakan)
Marwia Tamrin Bakar, M.Pd
(Universitas Kahirun, Ternate)
Agusmanto JB Hutauruk, M.Pd
(Universitas HKBP)
Fuad Nasir, Drs., M.Pd
(Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon)
Cita Dwi Rosita, M.Pd
(Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon)
Anggita Maharani, M.Pd
(Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon)
Laelasari, M.Pd
(Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon)
Ferry Ferdianto, M.Pd
(Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon)
Toto Subroto, S.Si., M.Pd
(Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon)
Ika Wahyuni, S.Pd., M.Si
(Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon)
Tonah, M.Si
(Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon)
Euclid by http://http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/euclid Jurnal Euclid Copyright © 2014 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati). All rights reserved. p-ISSN 2355-1712 | e-ISSN 2549-4937 View My Stats